sinau

ARGUMENTASI

Argumen bermakna ‘alasan’. Argumentasi berarti pemberian alas an yang kuat dan meyakinkan. Paragraf argumentasi adalah paragraf yang mengemukakan alas an, contoh, dan bukti-bukti yang kuat dan meyakinkan. Alasan-alasan, bukti, contoh, dan sejenisnya digunakan penulis untuk meyakinkan pembaca agar mereka menyetujui pendapat, sikap, atau keyakinan.
Dalam paragraf argumentasi biasanya memiliki ciri-ciri, (1) ada pernyataan, ide, gagasan, atau pendapat yang dikemukakan penulisnya, (2) alasan, data, atau fakta yang mendukung, (3) pembenaran berdasarkan data dan fakta yang disampaikan. Data dan fakta dapat diperoleh melalui wawancara, angket, observasi, penelitian lapangan, dan penelitian kepustakaan.

Persamaan argumentasi dan eksposisi
1. sama-sama menjelaskan pendapat, gagasan, keyakinan kita.
2. memerlukan fakta yang diperkuat atau diperjelas dengan angka, peta, grafik,dan lain-lainnya.
3. memerlukan analisis dan sintesis.
4. ide atau gagasan berasal dari: pengalaman, pengamatan dan penelitian, serta sikap dan keyakinan.

Perbedaan argumentasi dan eksposisi
Argumentasi
1. bertujuan untuk meyakinkan pembaca agar menyetujui bahwa pendapat, sikap, dan keyakinan penulis benar.
2. contoh, grafik, dan lain-lainnya digunakan untuk membuktikan bahwa sesuatu yang dikemukakan penulis itu benar.
3. penutup biasanya berupa kesimpulan atau sesuatu yang diuraikan sebelumnya.
Eksposisi
1. tujuan menjelaskan dan menerangkan sehingga pembaca memperoleh informasi yang sejelas-jelasnya.
2. contoh, grafik, dan lain-lainnya untuk menjelaskan sesuatu yang dikemukakan penulis.
3. penutup biasanya menegaskan lagi sesuatu yang telah diuraikan sebelumnya.

Contoh eksposisi:

Satu-satunya bidang pembangunan yang tidak mengalami imbas krisis ekonomi sektor–sektor di bidang pertanian. Misalnya, perikanan masih meningkat cukup mengesankan, yaitu 6,65 persen: demikian pula perkebunan, yang meningkat 6,46 persen. Walaupun terkena kebakaran sepanjang tahun, sektor kehutanan masih tumbuh 2,95 persen. Secara umum, kontribusi dan sektor-sektor pertanian terhadap produk domestik bruto (PDB) meningkat dari 18,07 persen menjadi 18,04 persen. Padahal selama 30 tahun terakhir, pangsa sektor pertanian merosot dari tahun ke tahun.


Contoh argumentasi:
Contoh 1:
Industrialisasi di Negara kita mendorong didirikannya berbagai macam pabrik yang memproduksi beraneka barang. Pabrik-pabrik itu memberikan lapangan kerja kepada ribuan tenaga kerja, baik yang berasal dari masyarakat di sekitar pabrik maupun dari daerah-daerah lain. Dengan demikian, adanya berbagai macam pabrik dapat meningkatkan kesejahteraan masayarakat. Di samping itu, beraneka barang yang diproduksi oleh pabrik-pabrik tersebut telah meningkatkan ekspor nonmigas serta menghasilkan devisa bagi negara kita.

Contoh 2:
Mengembangkan hubungan positif dengan orang lain sebenarnya tertuju pada satu hal: Anda harus menjadi seorang pengamat manusia. Bila Anda benar-benar mampu mengerti manusia atau orang, tahu akan ketakutan, harapan, dan impian mereka, maka Anda akan memiliki kemampuan mengembangkan hubungan tersebut. Bicaralah dengan orang-orang. Dengarkanlah keinginan hati mereka. Amatilah mereka dan pelajarilah cara mereka berpikir. Tentu saja Anda harus membaca buku dan mendengarkan pita kaset. Raihlah apa yang Anda peroleh dari kebijakan orang lain. Namun jangan abaikan bergaul dengan orang lain dan pelajarilah tabiat mereka. Ini adalah satu gaya hidup yang harus dikembangkan, bukan satu studi ilmiah.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "sinau"

Posting Komentar